Jumat, 17 April 2009

Bandung, Surga dan Neraka

Gak nyangka akhirnya bisa juga nyampe di Bandung meski menanggung beban yang menyesakkan kalbu karena kudu pisah sama pacar, nyokap yang sering bikinin pecel kesukaan gw, juga ama si Emon, kucing cowok yang dah gw piara dari gw SMU. Nyampe disono, gw langsung masuk dalam kamar kost yang kumuhnya ampe bikin gw terenyuh. Tapi karena tu kamar emang peninggalan abang gw yang dah lulus dari ITB, ya mau gak mau musti gw tempatin dengan rendah hati dan serba pasrah..uh. Berbekal harapan pengen ngekor kesuksesan abang gw yang sekarang dah diterima di sebuah pabrik emas di NTB, gw pun menghempaskan pantat di kerasnya kasur busa yang dah gak mirip busa lagi.

Keesokan harinya, abis mandi di kamar mandi yang sempit en lumutnya nyaris bikin gw jumpalitan akrobat, gw bergegas dandan abis. Biar muka gak keren-keren amat, gw tetep yakin dari seribu cewek Bandung, pasti ada yang ngelirik gw. Gak tau juga ngeliriknya suka, demen apa gerah ngliat tampang gw yang kadang bikin orang bergidik kesian..he he. Dari cerita orang-orang yang gw wawancanda(wawancara sambil becanda), cewek Bandung tu lebih ganas dari cowoknya lho. Mereka gak segan-segan pake tipu muslihat en rayuan maut yang kadang bikin cowok ampe mupeng. Jadi kudu sebisa-bisanya kita ngejaga iman wae atuh.

Jam dah tepat diangka 09.30 ketika gw cabut dari kamar kost yang baunya mirip gudang buku bekas yang dah mau dilebur jadi bubur kertas. Tujuan gw pastinya ke BIP, alias Bandung Indah Plaza yang konon kata orang adalah tempat para cewek Bandung hang out. Itung -itung refreshing sambil cuci mata. Lagian hari ini kan hari Minggu. Pasti cewek-cewek pada numpuk di sono. Gw melangkah pasti menyusuri gang keluar kost yang mirip labirin, bikin puyeng coz sempet nyasar sana sini. Sampe di pinggir jalan Suci yang di pinggirnya penuh ama orang dagang kaos plus sablon dll, gw nyetop mobil warna ijo jurusan Cicaheum-Ledeng. Ampe lama coz gw nunggu yang didepan kosong. Gak demen gw campur ama orang-orang di belakang. Bukan apa-apa, kadang gw aja yang minder sendiri..he he. Begitu nyampe di dalam, angkot mulai melaju pasti. Tapi cuma bentar, detik berikutnya jalan si angkot mulai melambat, terus melambat dan akhirnya bener-bener behenti. Pas gw amat-amati, uh lautan manusia menyemut di sepanjang jalan Suci ampe seputaran Gasibu. Sial, baru nyadar kalo ada pasar Minggu yang ngeblokir jalan jadi lautan manusia. Emang dah pernah diceritain abang gw kalo tiap hari Minggu di seputaran Gasibu bakal dipenuhi sama pedagang musiman, pedagang beneran, tukang obat, tukang parkir, sampe tukang copet untuk mengadu nasib di Bandung yang kata abang gw itu sebagai Parisnya Jawa.

Gw pun menanti dengan gusar, tiba-tiba resah menggelayut. Mengingat dari lamanya gw nunggu didalam angkot tanpa ada tanda-tanda tu angkot bakal melaju, gw terpaksa berpikir untuk merubah tujuan awal dari mo nampang ke BIP, jadilah menikmati suasana pasar kaget yang bener-bener bikin gw merinding. Tapi gw pikir lagi, masa iya dandan dah pol abis gini dengan tujuan mencari cewek bandung yang nyantol, eh nyangsangnya ke pasar kaget yang romannya mirip pameran 17-an di tempat gw. Uh nasib..

Suhu yang tadinya dingin sejuk dah berubah total jadi gerah tak bersahabat. Keringat mengucur dahsyat ampe cewek-cewek yang lewat abis belanja ketawa-ketiwi ngliat muka gw yang mengkilat belepotan ama cairan asin itu. Gw tetap bersikukuh di dalem angkot sambil nunggu sapa tau bentar lagi jalannya lancar, sampe akhirnya ada suara dari si a'a sebelah gw alias pengemudi.
" Maaf ya Bapak, Ibu, a'a, teteh, angkotnya berhenti disini. Jalan di blokir, biasanya masih boleh lewat, tapi sekarang mah udah gak boleh. Maaf ya"

Gw pun langsung ngebuka pintu, ngebayar ongkos, ngelap kringet yang dah kayak orang mandi, trus bergegas masuk dalam kerumunan orang-orang nyari tukang obat sakit kepala.

to be continued...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar